Office :

JL. Anwar Aid, depan galeri KUMKM Tanjungpandan Belitung, Indonesia Hotline +62 81271625108 , +62 81929641984 Email : zonabelitung.tour@gmail.com

Zona Belitung Tour menawarkan paket tour wisata belitung murah menarik menyengkan untuk liburan anda bersama keluarga, kerabat, atau rekan kantor

SELAMAT DATANG DI ZONA BELITUNG TOUR & TRAVEL , KAMI SIAP MENGANTARKAN ANDA YANG INGIN BERWISATA KE PULAU BELITUNG. SELAIN PAKET REGULER, KAMI JUGA MENYEDIAKAN BERAGAM PAKET MENARIK LAINNYA

Kukus Rap Menggale

kukus rap menggale


Kukus Rap Menggale , authentic kuliner Belitong . Sepintas memang mirip dengan Tiwul , Kuliner khas dari Pulau Jawa . Terbuat dari bahan dasar yang sama , olahan singkong , Ubi Kayu ( kassava ) . Masyarakat local Belitung sendiri menyebutnya menggale.

Perbedaan yang mencocok terletak pada proses pengolahan Singkongnya.
Gaplek, sebagai bahan dasar tiwul biasanya di proses tanpa adanya perendaman. Sedangkan Rap Kukus Menggale harus di rendam pada air yang mengalir terlebih dahulu. Perendaman ini membuat Ubi kayu tersebut terfrementasi secara alami. Atau boleh di bilang menjadi mirip MOKAP ( Modified Kassava powder )

Tepung tersebut kemudian di campur dengan parutan kelapa, di aduk secara merata , tambahkan air dan garam sampai tepung tersebut menjadi lembab. Proses ini berhenti apabila adonan ketika di genggam menyatu , tetapi ketika di lepaskan tetap terurai . Tak keras dan juga gak terlalu lembut .

Tepung rap kemudian siap untuk di kukus . Yang unik ,  mengukus tepung rap ini menggunakan ayaman corong segitiga yang terbuat dari bambu tipis . Kukus rap menggale ini di sajikan dengan taburan parutan kelapa , ikan asin dan pepes ikan , atau bahasa lokalnya Ikan pais.

Di Belitong sendiri, untuk penjualan Kukus Rap menggale ini hanya ada di satu tempat , Belitong Kite yang beralamat di Jalan Gegedek No 13 , samping Kantor Sinum Adventure dan persis berada di pintu masuk  depan SD N 38 Tanjungpandan ). Pemilik tempat ini bernama bang Adhywira , merupakan mantan Jurnalis dari Republika ., yang kemudian banting setir ke usaha kuliner yang mengkhususkan dalam penyajian makanan - makanan jadul dari Pulau Belitung .

Disamping kukus rap menggale  di belkit juga menyediakan aneka kuliner Belitung jadul lainnya , di antaranya jajak ( Kue ) Ipok – ipok , rujak tahu, bubor jawak , dll . Dan buat pecinta kopi , tempat ini wajib kalian kunjungi juga , di Belitong kite ada kopi unik yang berlebel KUTANG . Hmmm… jangan parno dulu yaa, kutang yang di maksud sini merupakan kependekan dari KUpi TANGgar . Kopi atau Kopi ( local ) , dan tanggar merupakan istilah yang berarti menjerang , memasak di atas api .

So, ketika travelling ke Pulau Belitung jangan lupakan tempat satu ini yaa

Ipok -ipok, penganan dari Belitung yang sudah langka